Karena tabung minyak rem bocor akibat terkikis ban, maka sudah hampir 2 minggu lebih tunggangi scorpio tanpa rem belakang. Sedikit mengerikan tapi gimana lagi.!!? Cari pengganti tabung (fariasi) lumayan sulit karena tabung yang ingin dicari tidak dijual terpisah. Dan setelah tabung pengganti dapet langsung terap. Utik,.utik,.utak,.utik,.. Ternyata rem belakang sudah masuk angin duluan. Terpaksa kendurkan pentil di kaliper dengan kunci 8mm, setelah kendur tekan sedikit tuas rem, dan kencangkan lagi. Ciri-ciri masuk angin tuh rem kurang pakem dan seringnya tuas rem kadang ngenceng, kadang ngendor.
Lanjut ke pengurasan minyak rem dan mengganti dengan minyak kualitas lebih bagus (beragam merek tersedia), saya pribadi lebih memilih DOT4 yang lebih cair, berhubung rekan punya saya pun ditawari tanpa harus membayar ..::ASEIK::.. Kenapa saya memilih DOT4? karena proses tekanannya yang cepat, lebih tahan terhadap cuaca dan usia pemakaian lebih lama. Tapi ingat jangan sampai kena bodi atau peranti lain yang dilapis chrome atau cat, karena DOT4 lebih keras dari DOT3, efek yang ditimbulkan bisa seperti halnya bodi motor kena air accu zuur..... Tanpa panjang lebar lagi gini cara bongkar nya :
- Karena tabung minyak rusak saya ganti dengan yang baru, tapi untuk rem depan lepas baut rumah minyak rem (master rem)
- Kendurkan pentil di kaliper (lepas dulu dong topi karetnya bro)
- Tekan perlahan tuas rem berkali-kali sampai habis.... (kalau mau ditinggal sambil ngrujak dulu juga ga'papa sich)
- Setelah yakin minyak rem habis maka kencangkan pentilnya, tapi gak perlu keras-keras, cukup rapet aja, karena nanti akan dikendurkan lagi untuk penyetelan ulang.
- Isi master sampai penuh.... tekan tuas rem lagi perlahan supaya rem turun mengisi kaliper.
- Setelah dirasa oli penuh maka pasang dan kencangkan penampungan minyak rem (periksa dulu batas minyaknya, jangan sampe kurang atau lebih) jangan lupan juga cara pasangnya yang benar adalah pasang karet dulu baru tutup besinya ya!!
- Setelah tutup terpasang rapat, maka langkah selanjutnya adalah penyetelan tuas rem......
- Kendurkan pentil di kaliper
- Tutup lubang kaliper dengan jempol kita, nekennya pake perasaan, jangan teken kenceng-kenceng.
- Selagi pentil ditekan sambil menutup lubang pentilnya, tangan kita yang satu lagi menekan tuas rem untuk MEMILIH dimanakah akan kita tempatkan posisi cocok maenin tuasnya..... semakin ditekan semakin cetek dech maenin tuasnya.... karena adanya tekanan yang menempati ruang hampa dalam master selang kemudian ke kaliper... jadi penyetelan ini memakai tehnik MEMAMPATKAN dalam ruang-ruang sempit!!!